- Judul / Bab : PENULISAN "Review Perkembangan Teknologi Game" / BAB 1
- Nama : Bagas Retno Wibowo
- Kelas : 3IA21
- NPM : 51414972
- Mata Kuliah : Pengantar Teknologi Game #Softskill
- Dosen : Syefani Rachma Deski
Cloud-based Services & Big Data Technology
Teknologi komputer berbasis sistem
Cloud telah menjadikan internet sebagai pusat server untuk mengelola
data besar. Khususnya dalam industry gaming, game-game akan semakin
menakjubkan pada tahun ini dengan kombinasi console yang ditenagai oleh
cloud based.
Cloud-based service memang bukan muncul pertama di
tahun ini, hanya saja teknologi ini akan sangat berdapat pada teknologi
baru yang akan memajukan industry game. Berbasis cloud seperti online
gameplay dan cloud storage seperti pada Xbox Live, PlayStation Network
dan Steam mungkin bukan hal yang baru.
Namun, mari melirik ke teknologi terbaru. Katakanlah VR yang sangat
berfokus pada kualitas grafis yang semakin tinggi dan realistis,
teknologi ini akan memacu kebutuhan cloud-based pada infrasturktur IT
perusahaan untuk ram game file yang tinggi, download yang cepat dan
proses rendering. Selain itu, secara otomatis membuat cloud computing
menjadi wajib berada pada home setup seorang gamer VR.
Cloud computing nampaknya akan sedikit menghemat pengeluaran gamer terkait update hardware. Anda juga tak perlu membeli hardware dengan harga super dengan adanya cloud-based rendering.
Cross-platform Integration
Berbagai perusahaan sedang mencari
cara agar perangkat-perangkat yang ada sekarang dapat berkomunikasi satu
sama lain. Trend ini disebut dengan Cross-platform Integration. Dengan
sistem operasi terbaru dari Microsoft, Window 10, Anda dapat menggunakan
beberapa perangkat dalam jaringan yang sama untuk streaming game yang
sama. Kehadiran Windows 10 diharapkan dapat membawa cross platform
gaming semakin nyata.
Di awal tahun 2016, Amazon mengumumkan dua
produk baru yang ditujukan bagi developer game profesional. Lumberyard,
sebuah game engine 3D dan GameLift, sebuah layanan untuk membantu
pengembangan game multiplayer session-based. Keduanya mendukung
developer untuk menciptakan game cloud-connected yang dapat berjalan di
multiple platforms. Lumberyard akan terintegrasi dengan dua fitur
Twitch, yaitu ChatPlay dan JoinIn.
Beberapa game engine lain juga bermunculan dengan mengusung teknologi
baru cross-platform. Nantinya, Anda akan memainkan game-game dengan
berbagai perangkat, baik PC,
console PS4 dan Xbox One, hingga perangkat mobile yang ditunjuang
Android ataupun iOS. Bahkan berkembang pula teknologi cross-progression
dimana Anda dapat berpindah gaming dari PS4 ke PC atau sebaliknya, tanpa
perlu khawatir akan kehilangan progress.
Review :
Menurut saya perkembangan game di Indonesia sangat lah pesat apalagi di tambah perkembangan teknologi game nya yang mempunyai prospek bagus dan dapat di terima oleh orang awan maupun gamer. Apalagi menggunakan cloud based service yang menjadikan internet sebagai pusat server untuk mengelola
data besar. Khususnya dalam industry gaming, game-game akan semakin
menakjubkan pada tahun ini dengan kombinasi console yang ditenagai oleh
cloud based.
Sumber :
http://www.pemmzchannel.com/2016/03/11/5-teknologi-baru-untuk-masa-depan-gaming/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar